Langsung ke konten utama

Sebelum Honda Menjadi Raja di Jalan Raya

Di beberapa daerah, ada istilah unik untuk menyebut kendaraan roda dua. Mereka tak menyebutnya sebagai sepeda motor. Lidah orang-orang di daerah-daerah itu lebih suka menyebut sepeda motor sebagai: honda. Istilah honda, bukan dari Indonesia, tapi dari Jepang. Di Jepang, sepeda motor tak disebut sebagai honda, melainkan Baiku.

“Semua sepeda motor di Madura, apa pun mereknya, selalu disebut Honda,” tulis Islahudin dalam Gus Dur Menertawakan NU (2010).

Saat Jepang menjajah Indonesia, Honda hanyalah nama pemuda yang gandrung otomotif. Nama lengkap pemuda itu: Soichiro Honda. Pemuda kelahiran 17 November 1906 ini, menurut Mick Walker dalam British Motorcycles of the 1960s and ’70s, sudah mulai berbisnis suku cadang piston ring di bawah bendera Tokai Seiki. Setelah kecelakaan yang dialami pada 1936, menurut Peter Rakestrow dalam The Honda Gold Wing (2016), Honda kemudian mendirikan perusahaan sendiri pada November 1937.

“Selama masa-masa perang, 1937-1945, perusahaan Honda, Tokai Seiki, makmur oleh permintaan militer atas produk-produk perusahaan, termasuk piston ring dan baling-baling logam pesawat,” catat The 20th Century Go-N: Dictionary of World Biography, Volume 8 (1999) suntingan Frank N. Magill.

Setelah perang selesai, Tokai Seiki yang aset-asetnya jadi sasaran bom-bom udara sekutu itu kemudian dijual kepada Toyota. Menurut Masaaki Sato dalam The Honda Way (2006), Tokai Seiki dijual 450 ribu Yen pada September 1945. Pada tahun-tahun tersebut, dia belum menjual sepeda motornya sampai ke Indonesia yang kala itu jadi daerah pendudukan Jepang.

Setelah Oktober 1946, barulah ada lembaga bernama Honda Technical Research Institute di Hamamatsu. Lembaga itu bekerja di ruangan kayu berukuran 18X12 kaki. Untuk kepentingan usaha, Honda membeli 50 unit mesin bensin sisa perang yang digunakan militer sebagai generator. Soichiro Honda pun berimprovisasi dengan pengetahuan dan kemampuan otomotif yang diasahnya sejak muda.

“Dia menemukan cara memasang mesin untuk menjadikannya tenaga pedal sepeda,” tulis Peter Rakestrow.


 Minimnya bahan diakali Honda dengan membuat sendiri suku cadang lainnya. Hasilnya adalah sepeda motor dengan mesin dua tak 50 CC yang resminya dikenal sebagai A-type.

Menurut Mick Walker, “ketika Honda Motor Company menjadi perusahaan pada September 1948, A-Type punya capaian hebat dengan pangsa yang menguasai 60 persen pasar dalam negeri Jepang.”

“Soichiro menamakan mesin-mesin Honda sesuai abjad, mulai dari A-Type, diikuti oleh B-Type dan C-Type,” tulis Masaaki Sato.

Disusul D-Type pada 1949 lalu E-Type pada pertengahan 1951. Menurut Mick Walker, E-type adalah sepeda motor 4 tak pertama Honda. Rata-rata produksi motor itu mencapai 130 unit per hari.

Meski titik cerah terlihat, bukan berarti Honda tak punya masalah. Usahanya nyaris bubar pada 1953 karena cash-flow perusahaan sempat tersendat. Oktober 1958, Honda merilis sepeda motor C-100 Super Cub.

 Setelah membangun industri sepeda motor, Honda juga membangun industri mobilnya. Mobil sport pertama mereka S-360 sudah pamerkan di Tokyo Motor Show 1962. Sementara, truk kecil pertama mereka, yang diberi nama T-360, mulai diproduksi pada 1963 hingga 1967.

Belakangan, Honda tak lagi identik sebagai produsen truk. Mobil Honda menjadi mobil-mobil perkotaan. Baik sepeda motor dan mobil buatan Honda berhasil juga mencapai Amerika.

Sebelum dirilisnya C-100 Super Cub itu, produk-produk Honda belum jadi raja jalanan. Menurut catatan Firman Lubis, Jakarta 1950-an: Kenangan Semasa Remaja (2008), “Sepeda motor buatan Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki yang sejak 1960-an menyerbu masuk dan merajai jalanan Jakarta belum ada di era 1950-an.”

Menurut Hersri Setiawan, mantan tahanan politik (tapol) 1965 yang dibuang ke Pulau Buru, dalam bukunya Kamus Gestok (2003), “Sekitar tahun 1965, ketika G30S dan terjadi penangkapan terjadi, kendaraan bermotor roda dua merek Honda buatan Jepang, sedang membanjiri pasaran motor Indonesia.”

Di Pulau Buru, dengan mengutip Hersri, naik Honda adalah,“ungkapan pelembut untuk penyakit malaria. Sebutan itu diberikan tapol Buru dengan melihat gejala si penderita, suhu badan panas tapi merasa sangat dingin dan tubuh menggigil keras berguncang-guncang seperti orang di atas (sepeda motor) Honda.”

Nama yang menjadikan sepeda motor Honda menjadi raja jalanan di Indonesia adalah Astra International.

Tak hanya Astra yang meraup rezeki dari karya cipta Honda. Sejak 1968, menurut Sam Setyautama dalam Tokoh-tokoh Etnis Tionghoa di Indonesia, Hadi Budiman alias Ang Kok Ha mulai menjual Honda pada 1968. Kebetulan, seorang kawannya yang jadi importir, tak mampu bayar utang hingga izin impornya dicabut. Hak impor dan status distributor mobil Honda pun didapatkan Hadi pada 24 Maret 1970. Hadi melakukannya di bawah bendera PT Istana Motor Raya (Imora).

Ketika Malapetaka 15 Januari 1974 (Malari) meledak di Jakarta, sepeda motor Honda dan juga mobilnya—bersama merek-merek lain—jadi incaran amuk massa untuk dibakari. Malari memang, salah satunya, menyembulkan sentimen anti (modal asing) Jepang. Sehingga Honda pun kena imbasnya (baca juga: Shinzo Abe ke Indonesia Bertepatan dengan Malari).

Pesohor Indonesia 1980an yang pernah punya mobil Honda adalah penyanyi legendaris Chrisye. “[Namun] mobil Honda Accord, mobil pertama kesayangan saya (yang dibeli sebelum menikah), dan sedan Mercy warna merah bata sempat dijual karena kami membutuhkan dana mendesak,” aku Chrisye seperti ditulis Albertine Endah dalam Chrisye: Sebuah Memoar Musikal (2007).

Berhubung pemilik mobil tidak banyak, seorang anak yang punya mobil tentu menjadi kebanggaan orang tua. “Papi cukup bangga ketika saya bisa membeli sebuah sedan Honda Accord warna cokelat,” kenang Chrisye.

Perusahaan yang didirikan Honda itu tak melulu mobil dan sepeda motor. Tapi juga generator listrik, robot, bahkan pesawat jet. Namun, masih ada sebagian orang Indonesia yang masih menyebut sepeda motor sebagai Honda.



Referensi : Petrik Matanasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Myelin

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa keberhasilan tidak hanya ditentukan dari brain memory. Temuan-temuan terbaru dalam ilmu biologi menunjukkan ada memori lain yang tak kalah penting yaitu muscle memory yang terletak di seluruh jaringan otot kita. Komponen musle memory yang membangkitkan gerakan, dan tindakan disebut MYELIN. Brain memory terbentuk dari pengetahuan. Sementara muscle memory terbentuk karena latihan. Manusia yang hanya membangun pengetahuan melalui brain-nya akan menjadi manusia formula yang hanya melihat dari kaca mata brain memory-nya. Sedangkan manusia yang hanya melakukan latihan akan bergerak reflektif otomatis. Blog ini didedikasikan untuk kisah-kisah untuk melatih kemampuan myelin. Sehingga bisa menjadi manusia yang smart, kreatif, dan mempunyai skill untuk mewujudkannya.

Generasi Milenial (2)-Budi Darma

SEMENTARA ITU, pengategorian usia juga mengalami perubahan. Dulu ada kategori children (anak-anak), teenagers (sekitar umur belasan sampai awal dua puluhan tahun), young adults (remaja), dan adults (dewasa). Karena anak-anak dan remaja setiap hari dihadapkan pada sajian untuk orang dewasa lewat gawai, istilah teenagers sekarang sudah tidak dipakai lagi. Sebab, pada dasarnya sekarang teenagers sudah tidak ada lagi. Teenagers dan young adults digabung menjadi satu, yaitu young adults. Generasi Y dan Z sekarang juga sudah bercampur baur. Dalam kategori usia, teenagers tersingkir. Dalam kategori generasi, generasi X juga tersingkir. Demonstrasi para pengemudi taksi dengan tujuan menghapus taksi daring (online) menyiratkan tanda bahwa generasi X sudah tersingkir, meskipun tentu saja bergantung orangnya. Sampai sekarang, misalnya, ada beberapa orang berusia lanjut yang mampu mengoperasikan gawai dengan baik. Generasi Y dan Z tidak mungkin lepas dari gawai. Juga, hampir selamanya

Pilkada Serentak: Generasi Milenial untuk Jakarta

ANGGORO GUNAWAN  Para peminat kursi gubernur DKI Jakarta sudah mulai mengasah senjata. Celotehannya sudah mulai riuh mengisi lini masa. Apa pun upaya mereka, sebaiknya mereka sadar satu hal istimewa: jangan lupakan para pemilih muda yang kini diisi oleh generasi milenial. Mereka inilah penentu kursi gubernur yang sesungguhnya. Generasi milenial(kelahiran 1980-an-1990-an) bertingkah laku berbeda. Mereka adalah generasi yang bertumbuh dengan keleluasaan informasi. Mereka sadar gaya hidup sekaligus lebih peduli sesama. Dalam Digital Culture and Religion in Asia, Sam Han dan Kamaludeen Mohamed Nasir menyebutkan bahwa generasi milenial—disebut juga generasi Y—ini lebih liberal dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka peduli dengan sesama. Inilah generasi yang bisa berpindah pekerjaan karena merasa tak sesuai dengan jiwanya. Kalau generasi X (kelahiran 1965-1989) dan baby boomers(kelahiran sesudah Perang Dunia II-1964) berprinsip setidaknya satu tahun tinggal dalam satu pekerjaan untuk m